Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran (KIBASP)
Vol 6 No 1 (2022): Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran)

Penguatan Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Masa Pandemi Covid 19 menuju Era Masyarakat 5.0

Neti Kartini (Universitas PGRI Palembang, Indonesia)
Ratu Wardarita (Universitas PGRI Palembang)
Dessy Wardiah (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kondisi pendidikan karakter saat ini dan mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter melalui pembelajaran bahasa Indonesia pada masa pandemi Covid 19 dan peralihan era masyarakat 4.0 menuju era masyarakat 5.0. Penelitian ini fokus pada kondisi karakter 33 siswa XI OTKP SMKN 1 Buay Pemuka Bangsa Raja pada masa pemulihan pandemi Covid 19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi pendidikan karakter pada masa pemulihan pandemi Covid 19 menunjukkan penurunan karakter (banyak karakter tidak baik). Berbanding terbaik dengan perkembangan teknologi yang berlangsung cepat sebagai solusi untuk mengatasi masalah pendidikan pada masa pandemi Covid 19. Namun, ketidaksiapan menghadapi pandemi Covid 19 menjadi penyebab terjadinya penurunan karakter siswa. Belajar dari ketidaksiapan pandemi Covid 19, pesiapan menuju era masyarakat 5.0 dengan penguatan pendidikan karakter yang bisa diterapkan pada sekolah melalui pembelajaran bahasa Indonesia. Sehingga diharapkan pendidikan karakter dan teknologi bisa berjalan bersama ke arah yang baik. Kata Kunci : Era Masyarakat 5.0, Pandemi Covid 19, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Pendidikan Karakter

Copyrights © 2022