Penelitian ini bertujuan mengetahui kondisi pendidikan karakter saat ini dan mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter melalui pembelajaran bahasa Indonesia pada masa pandemi Covid 19 dan peralihan era masyarakat 4.0 menuju era masyarakat 5.0. Penelitian ini fokus pada kondisi karakter 33 siswa XI OTKP SMKN 1 Buay Pemuka Bangsa Raja pada masa pemulihan pandemi Covid 19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi pendidikan karakter pada masa pemulihan pandemi Covid 19 menunjukkan penurunan karakter (banyak karakter tidak baik). Berbanding terbaik dengan perkembangan teknologi yang berlangsung cepat sebagai solusi untuk mengatasi masalah pendidikan pada masa pandemi Covid 19. Namun, ketidaksiapan menghadapi pandemi Covid 19 menjadi penyebab terjadinya penurunan karakter siswa. Belajar dari ketidaksiapan pandemi Covid 19, pesiapan menuju era masyarakat 5.0 dengan penguatan pendidikan karakter yang bisa diterapkan pada sekolah melalui pembelajaran bahasa Indonesia. Sehingga diharapkan pendidikan karakter dan teknologi bisa berjalan bersama ke arah yang baik. Kata Kunci : Era Masyarakat 5.0, Pandemi Covid 19, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Pendidikan Karakter
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022