Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan)
Vol 10, No 2 (2022)

ANALISIS MUTU STANDAR SARANA DAN PRASARANA BERDASARKAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN SMP KITA MEMBANGUN

Eria Melati Putri Chaniago (Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Riau)
Rr. Sri Kartikowati (Lecture of Educational Administration Study Program PPS, Riau University)
Gimin Gimin (Lecture of Educational Administration Study Program PPS, Riau University)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pencapaian Standar Sarana dan Prasarana di SMP Kita Membangun. Jenis penelitian ini menggunakan deskripsi kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi,observasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada indikator standar sarana dan prasarana pada jenjang SMP/MTs berbentuk pedoman wawancara. Hasil penelitin ini menunjukkan bahwa (1) untuk analisis standar sarana dan prasarana, sekolah kurang sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP) hal ini dibuktikan kelengkapan sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah kurang memadai (2) Faktor yang menghambat mutu standar sarana dan prasarana pendidikan terdapat 2 faktor penghambat ialah faktor internal dan eksternal, faktor internal dimana kurangnya kesadaran pengguna sarana dan prasarana sekolah dalam menjaga baik sarana maupun prasarana sekolah. Faktor eksternal dimana jika ingin melakukan pembangunan untuk prasarana harus mendapatkan izin dari kepala kebun

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JMP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) (p-ISSN: 2338-5278) adalah Artikel ilmiah hasil penelitian yang diterbitkan secara berkala oleh Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Riau. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) berisi publikasi tentang ...