Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO
Vol 5, No 3 (2022):

PENERAPAN METODE BERMAIN KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DI KELOMPOK B1 TK BARAKATI KOTA KENDARI

Normatiska Normatiska (Unknown)
Muh. Safiudin Saranani (Unknown)
Ahid Hidayat (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2023

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui metode bermain kartu kata bergambar di kelompok B1 TK Barakati Kota Kendari. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan subjek dalam penelitian ini adalah anak di kelompok B1 TK Barakati Kota Kendari. Berdasarkan hasil analisis data dari aktivitas mengajar guru pada siklus I sebanyak 13 aspek diperoleh persentase 69,23% atau 9 aspek yang tercapai. Sedangkan hasil observasi pada aktivitas belajar anak didik dari 13 aspek diperoleh persentase sebesar 69,23% atau 9 aspek yang tercapai. Nilai klasikal hasil belajar anak didik dengan persentase 66,66%. Sedangkan perolehan nilai rata-rata anak mencapai kategori bintang (***) Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dengan nilai akhir 2,81. Berdasarkan analisis data pada siklus II sesuai hasil observasi kegiatan hasil aktivitas mengajar guru meningkat persentase sebesar 92,30% atau 12 aspek yang tercapai. Sedangkan hasil aktivitas belajar anak pada siklus II mengalami peningkatan persentase sebesar 92,30% atau 12 aspek yang terlaksana. Nilai klasikal hasil belajar anak didik dengan persenase 93,33%. Sedangkan perolehan nilai rata-rata anak mencapai kategori bintang (***) atau Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dengan nilai akhir 3,2. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca permulaan dapat ditingkatkan melalui metode bermain kartu kata bergambar di kelompok B1 TK Barakati Kota Kendari.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

RGAP

Publisher

Subject

Education Environmental Science Other

Description

Fokus dan Scope Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO memuat artikel hasil penelitian pada bidang PAUD yang meliputi kurikulum PAUD, perkembangan anak usia dini, manajemen pendidikan PAUD, bahan ajar PAUD, media pembelajaran PAUD, penilaian pembelajaran PAUD, strategi/ model/ metode/ pendekatan/ teknik ...