Tujuan dikembangkan penelitian yaitu melakukan validasi pengembangan modul pembelajaran ekonomi bisnis dengan pendekatan Learning Start With A Question, agar siswa bisa meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Pengembangan menganut model Borg & Gall yang memiliki sepuluh tahapan . Adanya wabah pandemic covid-19 mengakibatkan kendala uji coba di sekolah, sehingga hanya sampai 4 tahap yaitu; Pengumpulan Data, Perencanaan, Pengembangan Produk, Modul yang telah di Produksi. Validasi terhadap modul yang telah dihasilkan menggunakan instrument lembar validasi dengan skala Likert. Validasi modul pembelajaran dilakukan oleh 4 pakar/ahli meliputi pakar/ahli materi, bahasa, media, serta pendidikan pengajaran. Data validitas dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil uji validitas dari ahli materi sebesar 92,18 % dengan kriteria sangat valid, validasi aspek bahasa sebesar 75% dengan kriteria valid, validasi dari ahli media sebesar 89,06 % dengan kriteria sangat valid, dan dari ahli pendidikan/media pembelajaran sebesar 82,81% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil dari penelitian bisa ditarik kesimpulan bahwa produk yang dikembangkan peneliti berupa modul pembelajaran dengan Pendekatan Learning Start With A Question pada materi Badan Usaha ini layak digunakan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020