Oportunitas
Vol 1 No 02 (2020): Oportunitas

VALIDASI PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN EKONOMI BISNIS DENGAN PENDEKATAN LEARNING START WITH A QUESTION

Shofiana Nur Latifah (Unirow Tuban)
Henny Sri Astuty (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2020

Abstract

Tujuan dikembangkan penelitian yaitu melakukan validasi pengembangan modul pembelajaran ekonomi bisnis dengan pendekatan Learning Start With A Question, agar siswa bisa meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Pengembangan menganut model Borg & Gall yang memiliki sepuluh tahapan . Adanya wabah pandemic covid-19 mengakibatkan kendala uji coba di sekolah, sehingga hanya sampai 4 tahap yaitu; Pengumpulan Data, Perencanaan, Pengembangan Produk, Modul yang telah di Produksi. Validasi terhadap modul yang telah dihasilkan menggunakan instrument lembar validasi dengan skala Likert. Validasi modul pembelajaran dilakukan oleh 4 pakar/ahli meliputi pakar/ahli materi, bahasa, media, serta pendidikan pengajaran. Data validitas dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil uji validitas dari ahli materi sebesar 92,18 % dengan kriteria sangat valid, validasi aspek bahasa sebesar 75% dengan kriteria valid, validasi dari ahli media sebesar 89,06 % dengan kriteria sangat valid, dan dari ahli pendidikan/media pembelajaran sebesar 82,81% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil dari penelitian bisa ditarik kesimpulan bahwa produk yang dikembangkan peneliti berupa modul pembelajaran dengan Pendekatan Learning Start With A Question pada materi Badan Usaha ini layak digunakan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

oportunitas

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal OPORTUNITAS diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban di Tuban sebagai media untuk menyalurkan pemahaman tentang ilmu di bidang pendidikan ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi yang berupa hasil penelitian lapangan atau laboratorium maupun ...