Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 8 No. 2 (2022): Volume 08 No 02, Desember 2022

IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGRI 02 KARANG TENGAH

Siti Syarah Sarmila (Universitas Nusa Putra Sukabumi)
Dhea Adela (PGSD Universitas Nusa Putra Sukabumi)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar matematika yang dialami oleh isswa kelas IV SD Negri 02 Karang Tengah. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriftif. Sumber data penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas IV SD Negri 02. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor keselitan belajar dapat di lihat dari dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang menyebebkan kesulitan belajar matematika yaitu minat dan semangat, motivasi dan sikap saat belajar. Sedangkan faktor eksternalnya adalah kondisi lingkungan siswa yaitu lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat. Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika yaitu dengan memberikan bimbingan khusus kepada siswa, menambahkan media dan bahan ajar sebagai saran penunjang dalam kelas

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...