Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan
Vol 10 No 1 (2022): Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan

Penerapan Pembelajaran Latsar CPNS Materi Agenda 2 dan Agenda 3 Secara Full E-Learning Terhadap Penguatan Pemahaman dan Pengalaman Belajar Peserta CPNS LIPI Tahun 2021

Sutrisno Heru Sukoco (Badan Riset dan Inovasi Nasional)
Yogtavia Indah Kurniadewi (Badan Riset dan Inovasi Nasional)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2022

Abstract

Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS merupakan pelatihan yang wajib diikuti oleh calon pegawai negeri sipil. Tahun 2021 Pusbindiklat LIPI mengemban tugas untuk menyelenggarakan Latsar CPNS bagi 103 CPNS. Pelaksanaan awalnya direncanakan secara blended learning tetapi karena kondisi darurat (penyebaran covid 19) maka pelaksanaan Latsar CPNS diselenggarakan secara full e-learning. Pelaksanaan Latsar CPNS secara full e-learning adalah yang pertama kali dilakukan Pusbindiklat LIPI. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pembelajaran materi Agenda 2 dan Agenda 3 yang dilakukan secara full e-learning, kombinasi pembelajaran secara mandiri (MOOC) dan e-learning (synchronous dan asynchronous) menguatkan pemahaman peserta, apakah objek belajar yang disediakan memenuhi (mendukung) pembelajaran, apakah pembelajaran secara full e-learning yang dilaksanakan memberikan pengalaman belajar optimal bagi para peserta. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode kualititaf deskriptif, metode ini dipilih untuk mendapatkan gambaran opini dan persepsi peserta Latsar CPNS tentang penerapan model pembelajaran secara full e-learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran materi Agenda 2 dan Agenda 3 secara full e-learning menjadi lebih menarik dan atraktif karena materi yang diajarkan menjadi lebih mudah dipahami dengan penerapan berbagai metode pembelajaran didalamnya. Pembelajaran Latsar CPNS secara full e-learning dinilai mampu berperan dalam menguatkan pemahaman peserta dan memberikan pengalaman belajar yang menarik bagi peserta. Penyederhanaan beberapa objek belajar, penambahan durasi waktu dan penambahan studi kasus, kuis serta games merupakan beberapa saran yang perlu ditindaklanjuti pada pelaksanaan Latsar CPNS secara full e-learning di masa mendatang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

andragogi

Publisher

Subject

Education Other

Description

Andragogi Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan (p-ISSN 2620-5009, e-ISSN 2623-1190) is a periodical journal published by Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan (Center of Education and Religious Technical Training), under The Ministry of Religion Affairs, Republic of Indonesia. ...