Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi managerial kepala madrasah sebelum dilaksanakan PKKM dan dampak PKKM terhadap kompetensi managerial kepala madrasah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan [action research]. Alat pengumpulan data meliputi daftar pertanyaan pada saat wawancara, paper and pencil untuk mencatat temuan penting selama proses penelitian, dan instrumen evadir PKKM untuk kompetensi manajerial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi managerial kepala madrasah sebelum dilaksanakan PPKM adalah sebanyak dua puluh lima indikator bernilai sangat baik, sepuluh indikator bernilai baik, dan lima indikator bernilai cukup. Dari keseluruhan indikator yang dinilai, diperoleh nilai rata-rata 3,625, dengan kategori baik. Terjadi peningkatan kompetensi managerial kepala madrasah setelah dlakukan PPKM, yaitu peningkatan nilai menjadi sangat baik dari nilai baik sebesar 7 %, peningkatan nilai baik dari nilai cukup sebesar 10 %. Peningkatan tersebut tampak dalam unsur; menciptakan budaya dan iklim madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik, pengelolaan sarana prasarana madrasah dalam rangka pendayagunaan secara optimal, pengelolaan pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional, dan masih terdapat stagnasi kinerja manajerial dalam mengelola sarana prasarana madrasah pada pendayagunaan fasilitas penunjang. Kata kunci: Kepala Madrasah, Kompetensi Managerial, Penilaian Kinerja
Copyrights © 2022