Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Analisis Sikap Nasionalisme pada Buku Tematik Siswa Kelas IV di SDN Karawaci Baru 4

Jihan Luthfiyah (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Septy Nurfadhilah (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Erdhita Oktrifianty (Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
08 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap nasionalisme yang terdapat pada Buku Tematik Siswa Kelas IV Tema 7 Indahnya Kebhinekaan dalam Kurikulum Negeriku 2013. Mendeskripsikan kesesuaian materi dalam Buku Tematik Siswa Kelas IV Tema 7 Indahnya Keberagaman di Negeriku Kurikulum 2013 dengan penerapan sikap nasionalisme pada siswa kelas IV SDN Karawaci Baru 4. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Karawaci Baru IV. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Buku Siswa Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV SD/MI Tema 7 Indahnya Kebhinekaan di Negeriku Kurikulum 2013 untuk kelas IV SD, memuat sikap nasionalisme berupa: (a) Menghargai Budaya Bangsa Bangsa Bangsa Sendiri (b) Menjaga Kekayaan Budaya Bangsa (c) Cinta Tanah Air (d) Menghargai keragaman budaya suku dan bangsa. Dari seluruh aspek sikap nasionalisme yang dipelajari, siswa kelas IV sudah menerapkannya dengan baik di sekolah maupun dalam pembelajaran, sedangkan kekurangan dalam penerapannya berasal dari faktor internal dalam diri siswa yaitu yang pertama adalah kognitif karena tingkat intelektualitas siswa berbeda, jadi ada siswa yang daya ingatnya berbeda. Selanjutnya yang kedua adalah afektif, yang bersumber dari kurangnya regulasi emosi dan sikap siswa dalam bertindak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...