Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengembangan Alat Permainan Edukatif Papan Aktivitas sebagai Stimulus Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini

Anggita Isma Juliandini (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya)
Taopik Rahman (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya)
Resa Respati (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran secara umum tentang pengembangan alat permainan edukatif papan aktivitas sebagai stimulus kemampuan mengenal huruf anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan pendekatan Mix Methode model ADDIE. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari 1) pengumpulan data, 2) Reduksi data, 3) Penyajian data, 4) Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk pengembangan alat permainan edukatif dalam penggunaan nya secara umum sudah layak, hal tersebut dibuktikan melalui tahap analisis kebutuhan pengembangan, validasi rancangan umum, validasi produk, uji coba sampai tahap evaluasi yang dilakukan. namun dengan dilakukan perbaikan-perbaikan yang diberikan oleh validator pada tahap sebelum dan sesudah uji coba. Hasil dari tahap analisis ini dijadikan sebagai bahan pertimbangan pengembangan produk. Kemudia untuk rancangan umum dibuat sebagai acuan dalam pengembangan produk yang akan dibuat dalam bentuk visualisasinya di tahap pengembangan. Tahap pengembangan ini dilakukan sampai tahap validasi produk yang di kembangkan. Selanjutnya melaksanakan tahap uji coba, untuk mencari tahu apakah produk tersebut efektif atau tidak. Terakhir tahap evaluasi yang dilakukan kepada guru kelompok B, untuk memberikan penilaiannya setelah melihat uji coba produk.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...