Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Siswa Kelas II Di SD Negeri 66 Palembang

Neri Sundari (Universitas PGRI Palembang)
Arief Kuswidyanarko (Universitas PGRI Palembang)
Patricia H.M. Lubis (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa kelas II di SD Negeri 66 Palembang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriftif. Jumlah seluruh siswa yang diteliti dalam penelitian ini adalah berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah Observasi, Wawancara, Tes dan Dokumentasi berupa hasil kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi operasi hitung kelas II di SD Negeri 66 Palembang. Aspek yang dinilai dalam penelitian ini meliputi indikator pemecahan masalah matematis berdasarkan Polya yaitu memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana dan melihat kembali jawaban. Dari hasil analisis data dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa kelas II di SD Negeri 66 Palembang masih rendah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...