Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V SDN 001 Kampung Baru Sentajo

Nursafika Nursafika (Universita Riau)
Mahmud Alpusari (Universitas Riau)
Zariul Antosa (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2022

Abstract

quasi eksperimen.Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan kegiatan yang dilakukan guru selama 3 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran animasi terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 001 Kampung Baru Sentajo.Penelitian ini dilakukan dengan metode metode kuantitatif dengan rancangan kali pertemuan mengalami peningkatan meskipun belum menunjukan peningkatan yang cukup baik. Nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas control skornya jauh lebih baik dari tahap pretest. Hasil respon siswa kelas eksperimen memperoleh rata-rata 2,83 dengan kriteria Setuju, pada kelas kontrol memperoleh rata-rata 3,23 dengan kriteria Sangat Setuju. Nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol lebih rendah dibandingkan dengan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen.Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa lebih meningkat dengan diterapkan media animasi dibandingkan dengan metode konvensional.Data posttest untuk kelas kontrol adalah 0,134 dan kelas eksperimen adalah 0,223 berdristribusi normal.Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran animasi terhadap hasil belajar IPA Kelas V SDN 001 Kampung Baru Sentajo.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...