karakter di SMP N 15 Palu dengan menggunakan model Problem Base Learning. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia, keterampilan berbicara menjadi salah satu aspek keterampilan reseptif yang akan mengahsilkan bahasa dari apa yang telah diterima sebelumnya sehingga perlu strategi pembelajaran yang menghimpun pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam satu kesatuan untuk mencapai indikator pembelajaran untuk mempersiapkan generasi yang cerdas dan berkarakter baik. Penenaman nilai karakter dalam pencapaian hasil pembelajaran keterampilan berbicara sangat tepat diaplikasikan terutama pada pencapaian hasil belajar keterampilan berbicara Karena tidak hanya mengukur keberhasilan keterampilan tetapi juga mengukur keberhasilan dari karakter anak saat berbicara. Penelitiaan ini membahas mengenai penerapan pembelajaran berbicara berbasis pendidikan karakter ini diawali dari jenis kegiatan pendahulan yaitu pembiasaan mengawali pembelajaran dengan berdo`a pada setiap awal dan akhir pembelajaran dan membiasakan karakter yang baik pada setiap tahapan pemeblajaran. Hal tersebut dilakukan peneliti untuk menginternalisasikan nilai karakter siswa diantaranya: Religiusitas, nasionalisme, gotong royong, kemandirian, dan integritras.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022