Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 6, No. 4 (Oktober 2022)

Meningkatan Keterampilan Kerjasama Siswa Melalui Model Pemebelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) Siswa Sekolah Dasar

Nurmala Sari (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Rizky Ananda (Unknown)
Moh Fauziddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil keterampilan kerjasama siswa pada materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup di kelas III SDN 005 Langgini. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatkan keterampilan kerjasama siswa pada materi keberagaman dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas III yang berjumlah 25 orang siswa. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui peningkatakan hasil keterampilan kerjasama siswa setelah tindakan, rata-rata ketuntasan hasil kerjasama Pada kegiatan pra tindakan diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 62,4 dengan ketuntasan klasikal sebesar 56%, meningkat pada siklus 1 pertemuan 1 menjadi 67,8 dengan ketuntasan klasikal sebesar 60%, meningkat pada siklus 1 pertemuan 2 menjadi 68,6 dengan ketuntasan klasikal sebesar 68%. Nilai rata-rata kelas pada siklus 2 pertemuan 1 yaitu 74,6 dengan ketuntasan klasikal sebesar 76%., dan meningkat pada siklus 2 pertemuan 2 yaitu sebesar 84 dengan ketuntasan klasikal sebesar 80,6%. Maka dapat disimpulkan penerapan model Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan keterampilan kerjasama siswa kelas III SDN 005 Langgini.Kata Kunci : Keterampilan Kerjasama Siswa, Model Teams Games Tournament (TGT)

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...