Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan animasi pendidikan karakter peduli lingkungan di Taman Kanak-Kanak. Untuk mencapai tujuan penelitian digunakan metode Research and Development (R&D) model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE pada penelitian ini, dilaksanakan melalui tahap-tahap (1) Analyze, (2) Design, (3) Develop, (4) Implement, dan (5) Evaluate. Penelitian dilaksanakan di TK Negeri 01 Delta Pawan Kabupaten Ketapang dengan partisipan 30 orang siswa dan enam orang validator ahli desain multimedia, ahli media, dan ahli materi. Data dari instrumen kuesioner dan skala sikap dianalisis dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Secara keseluruhan, dari hasil analisis data (dalam rentang nilai 1-5) desain animasi dinyatakan “sangat layak” dengan rata-rata 4,4. Demikian pun analisis data uji empiris dengan prosedur uji perorangan, kelompok kecil, dan uji lapangan pada 30 siswa kelompok B Taman Kanak-Kanak Negeri 01 delta Pawan Kabupaten Ketapang, menunjukkan respon siswa “senang” menggunakan animasi pendidikan karakter peduli lingkungan dengan rata-rata 0,68 dalam nilai 0.5 < ????̅ ⩽ 1. Adapun uji efektivitas multimedia dengan kriteria respon siswa terhadap animasi dan nilai pretreatment dan post-treatment yang melibatkan 30 orang siswa ternyata terdapat perbedaan yang signifikan dengan ???????? ≥ ????????????????????????, yaitu 4,79 ≥ 2,045. Dengan bukti-bukti tersebut, maka animasi pendidikan karakter peduli lingkungan di Taman Kanak-Kanak dapat diterapkan untuk materi yang relevan pada pendidikan karakter peduli lingkungan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022