Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Hubungan Penguasaan Metode Membaca SQ3R terhadap Kemampuan Menemukan Ide Pokok Paragraf di Kelas X SMA Holy Kids Bersinar Medan

Marsaulina Samosir (Universitas HKBP Nommensen Medan)
Tigor Sitohang (Universitas HKBP Nommensen Medan)
Harlen Simanjuntak (Universitas HKBP Nommensen Medan)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Penguasaan Metode Membaca SQ3R Terhadap Kemampuan Menemukan Ide Pokok Paragraf Di Kelas X SMA Holy Kids Bersinar Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Holy Kids Bersinar Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023 yang bejumlah 20 orang, dan yang menjadi sampel penelitian ini adalah sebanyak 20 orang. Metode yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes objektif berupa esai Metode penelitian ini bersifat korelasi. Berdasarkan teknik analisis data ditemukan hasil penelitian yakni membaca SQ3R tergolong baik dengan nilai rata-rata 75,65 dan kemampuan menemukan ide pokok paragraf tergolong baik dengan nilai rata-rata81,09 Hubungan Penguasaan Metode Membaca SQ3R Terhadap Kemampuan Menemukan Ide Pokok Paragraf adalah signifikan dimana rhitung > rtabel pada taraf signifikan 95% = 0,41> 0,339 maka penelitian menyimpulkan bahwa terdapat Hubungan Penguasaan Metode Membaca SQ3R Terhadap Kemampuan Menemukan Ide Pokok Paragraf Tahun 2022/2023.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...