Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Faktor Penghambat Peserta Didik Bertanya dalam Proses Pembelajaran pada Kelas IX di SMP Negeri 9 Padang

Dina Marlina (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Zulkifli Zulkifli (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Rici Kardo (Universitas PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh faktor penghambat peserta didik bertanya dalam mengikuti proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) Faktor penghambat peserta didik bertanya dilihat dari faktor internal : 2) Faktor penghambat peserta didik bertanya dilihat dari faktor eksternal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang berusaha untuk menggambarkan tentang suatu keadaan apa adanya. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX di SMP Negeri 9 Padang yang berjumlah 200 orang peserta didik. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 64 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, sedangkan untuk analisis digunakan rumus persentase. Hasil penelitian ini menemukan bahwa : Secara umum faktor penghambat peserta didik bertanya berada pada kategori rendah, 1) Faktor penghambat peserta didik bertanya dilihat dari faktor internal berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase 50,0% 2) Faktor penghambat peserta didik bertanya dilihat dari faktor eksternal berada pada kategori sangat tinggi denngan persentase 54,7%. Jadi, kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa faktor penghambat peserta didik bertanya dalam proses pembelajaran lebih banyak mengalami hambatan dari faktor eksternal. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti rekomendasikan kepada guru mata pelajaran untuk dapat mengetahui faktor penghambat peserta didik bertanya dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...