Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Korelasi Antara Fomo Syndrome Dengan Self-Esteem Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Alalak

Eka Sri Handayani (Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari)
Farial Farial (Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari)
Agidya Puput Bertisya (UNISKA MAB)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2022

Abstract

Perkembangan internet yang cepat membentuk perilaku FoMO yaitu rasa cemas serta takut tertinggal informasi yang sedang trending. Berhubungan dengan FoMO yang membuat manusia mengalami ketakutan dan menyebabkan individu mengikuti individu lainnya, maka harga diri dari individu tersebut menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara FoMO dengan self-esteem pada siswa kelas XI SMAN 1 Alalak. Tujuan hipotesis dalam penelitian ini adalah memperoleh hubungan FoMo dengan self-esteem pada siswa kelas XI SMAN 1 Alalak. Pengumpulan data menggunakan alat ukur berupa angket model sekala likert, dengan metode teknik rendom sampling. Populasi siswa kelas XI berjumlah 139 orang. Teknik analisis menggunakan analisis korelasi product moment dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Menunjukan hasil anlaisis data bahwa terdapat hasil signifikan antara FoMO dengan self-esteem pada siswa kelas XI SMAN 1 Alalak. Dengan arah hubungan dari kedua variabel pada penelitian tersebut adalah positif yang mana hipotesis tersebut diterima.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...