Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Keefektifan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Materi Pecahan Pada Siswa Kelas III SD Negeri 98 Palembang

Fitri Handayani (Universitas PGRI Palembang)
Erfan Ramadhani (Universitas PGRI Palembang)
Arief Kuswidyanarko (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap pemahaman konsep matematika materi pecahan pada siswa kelas III SD Negeri 98 Palembang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini pre-Eksperimental design berupa one group prettest-posttest design. Sampel yang diambil adalah kelas IIIA yang berjumlah 26 siswa, berdasarkan perhitungan uji normalitas menggunakan uji Liliofers, menunjukkan data pencapaian hasil belajar matematika materi pecahan siswa pada pretest memiliki Sig. > 0,05 yaitu sebesar 0,106 sedangkan untuk postest Sig. > 0,05 yaitu sebesar 0,112, dari variabel pencapaian hasil belajar materi pecahan siswa berdistribusi normal. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t menggunakan Paired Sample T-test, Sig. (2-tailed) sebesar 0,00. Jadi dapat dikatakan bahwa Asymp. Sig (2-tailed) < 0,05, maka sesuai dengan hipotesis penelitiannya ditolak dan diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...