Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Efektivitas Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Terhadap Pemahaman Materi Bilangan Bulat Siswa Kelas IV SD Negeri 166 Palembang

Nafila Amalia (Universitas PGRI Palembang)
Erfan Ramadhani (Universitas PGRI Palembang)
Arief Kuswidyanarko (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2022

Abstract

Pembelajaran tematik merupakan suatu pembelajaran yang memadukan beberapa mata pelajaran dalam satu tema untuk memberikan pengalaman bermakna bagi siswa. Pengalaman bermakna maksudnya, anak memahami konsep-konsep yang telah mereka pelajari itu melaui pengalaman langsung dan menghubungkannya dengan konsep lain yang sudah mereka pahami. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik, faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran tematik pada pembelajaran daring di MIS Amal Ikhlas Sumberjo Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Metodologi penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif jenis pendekatan naturalistik yang berusaha mengamati, mendeskripsikan, menginterperestasi pengalaman atau tindakan suatu kejadian yang terjadi pada saat sekarang. Sumber data yang digunakan adalah kepala sekolah, wali kelas dan siswa. Teknik analissi data ada empat tahap, yaitu Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi Hasil penelitian yang dilakukan yaitu: Pada tahap pelaksanaan merujuk pada RPP yang telah disusun, pendidik menggunakan Whatsapp dengan fasilitas voice note untuk menyampaikan materi pembelajaran dan menggunakan Video call untuk menyampaikan materi berupa gambar atau tulisan yang tidak dipahami dengan menggunakan papan tulis. Kemudian pendidik memancing diskusi dan menguji pemahaman siswa dengan cara bertanya dengan memanggil siswa satu persatu. Selanjutnya guru memberikan tugas dan dikumpul seminggu sekali. Faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukung: orang tua yang mendampingi dan dukungan orang tua seperti fasilitas handphone dan kuota internet. Faktor penghambat: waktu yang singkat dan terbatas, jarang melakukan praktik, kurangnya keseriusan siswa dalam melaksanakan pembelajaran dan jaringan. Dengan demikian dapat disimpulkan implementasi pembelajaran tematik pada pembelajaran daring, layak diterapkan oleh guru sebagai satu solusi untuk meningkatkan pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...