Motivasi belajar merupakan hal yang sangat penting dan sangat dibutuhkan dalam sebuah proses pembelajaran. Salah satu hal yang mempengaruhi tinggi dan rendahnya suatu motivasi belajar adalah penggunaan metode pembelajaran yang sesuai dan tepat dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempengaruhi pengaruh yang signifikan pada motivasi peserta didik dengan menggunakan metode course review horay dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan di MI Bustanul Ulum Wonotirto dengan rancangan penelitiannya adalah quasi eksperimen. Populasi yang digunakan pada penelitian adalah seluruh siswa kelas IV MI Bustanul Ulum Wonotirto yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah non probability sampling yaitu sampel jenuh. Motivasi siswa pada penelitian ini diukur dengan menggunakan pretest dan posttest dalam bentuk angket motivasi yang berjumlah 12 butir pertanyaan yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan rekapitulasi uji hipotesis dengan menggunkan uji regresi linier sederhana di peroleh nilai F hitung sebesar 32.460 dengan signifikansi 0,000, nilai korelasi / pengaruh (R) sebesar 0,802 dan koefisien determinasi (R squere) sebesar 0,643 yang dapat diartikan bahwa ada pengaruh metode course review horay (variabel bebas) terhadap motivasi belajar siswa (variabel terikat) sebesar 64,3%.
Copyrights © 2022