Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Vol 5, No 2 (2022): Desember

EFEKTIVITAS METODE MENYANYI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH

Nur Zakiyah (STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta)
Fuad Arif Noor (STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana  penerapan metode  menyanyi dalam pembelajaran Sejarah, dan efektivitasnya dalam pencapaian hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa  kelas III Madrasah Ibtidaiyah Tahassus (MIT) Ma’arif NU Pedan Klaten. Sementara pembelajarannya kurang optimalnya,  hanya memandang pembelajaran sejarah sekedar berisi hafalan tentang tahun kejadian, nama-nama tokoh, dan peristiwa yang terjadi tanpa mengambil hikmah didalamnya. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Jenis penelitian eksperimen, sebagai subjek yang di gunakan adalah peserta didik kelas III MIT Ma’arif NU Pedan dengan populasi 31. Kelas III A sebagai kelas kontrol dan kelas III B sebagai kelas Eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan dengan uji hipotesis menggunakan Uji t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t hitung= 0,648, sedangkan t tabel = 2,05. Karena t hitung t tabel maka rata-rata hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran menggunakan metode menyanyi lebih baik dari pada hasil belajar peserta didik dalam  pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh dari rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen sebesar 73,43 dan kelompok kontrol sebesar 69,66. Sehingga metode menyanyi efektif terhadap pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada materi sejarah kelahiran dan sislilah Nabi Muhammad SAW.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ABDAU

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Abdau ini adalah jurnal pendidikan dasar Islam yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta. Jurnal ini sebagai sarana mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran pendidikan dasar Islam/madrasah ibtidaiyah oleh para pakar pendidikan, dosen, guru, ...