Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode menyanyi dalam pembelajaran Sejarah, dan efektivitasnya dalam pencapaian hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Tahassus (MIT) Ma’arif NU Pedan Klaten. Sementara pembelajarannya kurang optimalnya, hanya memandang pembelajaran sejarah sekedar berisi hafalan tentang tahun kejadian, nama-nama tokoh, dan peristiwa yang terjadi tanpa mengambil hikmah didalamnya. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Jenis penelitian eksperimen, sebagai subjek yang di gunakan adalah peserta didik kelas III MIT Ma’arif NU Pedan dengan populasi 31. Kelas III A sebagai kelas kontrol dan kelas III B sebagai kelas Eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan dengan uji hipotesis menggunakan Uji t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t hitung= 0,648, sedangkan t tabel = 2,05. Karena t hitung t tabel maka rata-rata hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran menggunakan metode menyanyi lebih baik dari pada hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh dari rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen sebesar 73,43 dan kelompok kontrol sebesar 69,66. Sehingga metode menyanyi efektif terhadap pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada materi sejarah kelahiran dan sislilah Nabi Muhammad SAW.
Copyrights © 2022