Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Statistika

Margaretha Ervina Sinaga (Universitas PGRI Palembang)
Destiniar Destiniar (Universitas PGRI Palembang)
Nyiayu Fahriza Fuadiah (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Statistika Kelas VIII SMP Xaverius 6 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode True Eksperimen Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Xaverius 6 Palembang yang berjumlah 60 siswa, Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Xaverius 6 Palembang terdiri dari satu kelas yaitu kelas VIII A, yang terdiri dari 11 laki-laki dan 19 perempuan, dan Kelas VIII B terdiri dari 17 laki-laki dan 13 perempuan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Tes. Berdasarkan hasil penelitian didapat terdapat pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Statistika Siswa SMP Xaverius 6 Palembang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...