EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 6 (2022): December 2022

Implementasi Game Based Learning Berbasis Digital

Faqih Abdul Bashir (Universitas Sebelas Maret, Indonesia)
Bramastia Bramastia (Universitas Sebelas Maret, Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2023

Abstract

Revolusi Industri 4.0 merupakan era baru di bidang Industri yang telah mengalami perkembangan sangat pesat dari era sebelumnya. Era ini ditandai dengan transformasi digital di setiap bagian industri dan kemudahan manusia memanfaatkan akses internet dalam setiap aktivitasnya. Dalam rangka membantu siswa meraih kesuksesan di masa mendatang perlu diajarkan keterampilan 4C diantaranya critical thinking, problem solving, communication and collaboration. Untuk mempertahankan siswa meraih keterampilannya diperlukan sarana motivasi belajar yaitu Game. Berdasarkan pentingnya permainan digital, beberapa penelitian dilakukan untuk meninjau bukti empiris game based learning. Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi Game Based Learning berbasis Digital. Penelitian dilakukan dengan mencari makalah di database Google Scholar dan Science Direct. Kata kuncinya adalah game based learning. Pencarian menghasilkan 26 makalah yang relevan dengan penelitian. Hasil penelitian adalah Game Based Learning memberikan manfaat positif terhadap pembelajaran. Pembelajaran berbasis Game telah dilaksanakan banyak eksperimen secara empiris maupun di dalam pengembangan perangkat. Hal ini menunjukkan game turut andil di dalam aktivitas pembelajaran. Game berbasis digital adalah keniscayaan yang akan terus berkembang mengikuti zaman. Penelitian di bidang game based learning ini sangat tepat untuk terus dikembangkan seiring dengan terus meningkatnya teknologi di bidang digital

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...