Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping Berbasis Multimedia terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 31 Palembang

Elin Riana (Universitas PGRI Palembang)
Treny Hera (Universitas PGRI Palembang)
Rury Rizhardi (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2022

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Mind Mapping berbasis multimedia terhadap hasil belajar IPA materi kalor kelas V SDN 31 Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Mind Mapping berbasis multimedia terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN 31 Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SD Negeri 31 Palembang, dengan sampel kelas V.B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa dengan perlakuan menggunakan model pembelajaran mind mapping. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Desain dengan tipe One-Group Pretest-Posttest Desain, dan teknik pengambilan sampel Sampling Purposive. Teknik pengambilan data menggunakan tes esai. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Sampel t-test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan Terdapat keefektifan penggunaan model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V, karena diperoleh nilai signifikan= 0,00 jika dibandingkan dengan 0,05 maka nilai signifikan 0,00 < 0,05 berarti Ha diterima dan Ho ditolak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...