Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengembangan Modul Matematika Berbasis RME Terintegrasi Nilai Pendidikan Karakter Pada Materi Bangun Datar Untuk Kelas IV SD Negeri Kepatihan

Lita Widianti Rahayuningtyas (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Muflikhul Khaq (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Arum Ratnaningsih (Universitas Muhammadiyah Purworejo)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2022

Abstract

Siswa SD Negeri Kepatihan khusunya kelas IV masih mengalami beberapa permasalahan dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul matematika sebagai bahan ajar yang layak dan sesuai kebutuhan peserta didik pada materi keliling dan luas bangun datar kelas IV SD Negeri Kepatihan. Desain penelitian yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari define, design, development, dissemination yang adaptasi dari Thiagrajan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Kepatihan yang berjumlah 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan angket. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Modul Matematika berbasis berbasis Realistic Mathematic Education terintegrasi nilai pendidikan karakter kelas IV SD Negeri Kepatihan dinyatakan layak apabila produk mencapai kriteria kelayakan sebuah produk. Kelayakan modul Matematika dapat dilihat dari dua aspek diantaranya aspek kevalidan dan aspek kepraktisan. Berdasarkan hasil penelitian modul Matematika berbasis berbasis Realistic Mathematic Education terintegrasi nilai pendidikan karakter kelas IV SD Negeri Kepatihan mendapatkan kriteria valid sebuah produk dengan nilai rata-rata 3,37 yang dilihat dari aspek media dan materi. Sedangkan berdasarkan respon peserta didik, modul Matematika mendapatkan nilai rata-rata 3,6 dengan kriteria sangat praktis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...