Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pelatihan Penerapan Manajemen Strategi Sekolah Unggul bagi Guru SDN Kecamatan Banjarmasin Utara

Suhaimi Suhaimi (Universitas Lambung Mangkurat)
Amberansyah Amberansyah (Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2022

Abstract

Tujuan pelatihan pada program pengabdian kepada masyarakat ini yaitu; untuk memberikan pemahaman dan melatih guru SDN melalui Pelatihan Penerapan Manajemen Strategi Sekolah Unggul Bagi Guru SDN Kecamatan Banjarmasin Utara. Fenomena munculnya paradigma penilaian masyarakat terhadap sekolah unggul yang hanya menilai keunggulan sekolah berdasarkan aspek yang tampak, sedangkan aspek/aspek lain yang mempengaruhi peningkatan mutu sekolah kurang mendapat perhatian. Manajemen strategis merupakan alternatif yang esensinya dapat menjadi jalan keluar dari berbagai permasalahan yang dihadapi dunia pendidikan di Indonesia saat ini. Setiap sekolah dihadapkan pada dua jenis lingkungan, yaitu lingkungan internal dan lingkungan eksternal. Semakin besar suatu sekolah, semakin kompleks pula bentuk, jenis dan sifat interaksi yang terjadi dalam menghadapi kedua jenis lingkungan. Salah satu implikasi dari kompleksitas ini adalah proses pengambilan keputusan yang semakin sulit dan rumit. Penerapan manajemen strategis harus dapat menjamin kualitas kinerjanya. Dengan demikian manajemen strategis diperlukan untuk menjaga konsistensi antara visi, misi, tujuan dan sasaran yang berpedoman pada rencana strategis sekolah. Dengan penerapan manajemen strategis yang baik, sekolah akan memiliki keputusan yang tepat untuk mencapai suatu rencana yang akan mengarah pada tujuan sekolah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...