Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Korelasi Antara Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 2 Jawa Maraja Bahjambi

Crisna Tiovani Simanjuntak (Universitas HKBP Nommensen)
Sotarduga Sihombing (Universitas HKBP Nommensen)
Lasma Siagian (Universitas HKBP Nommensen)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Kecerdasan Intelektual Dan Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Jawa Maraja Bahjambi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelatif dan metode kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Jawa Maraja Bahjambi yang berjumlah 79 siswa, dengan sampel jenuh atau sensus yaitu sebanyak 79 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Kuesioner penelitian diuji menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan uji daya beda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji linieritas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan secara parsial dan simultan antara Kecerdasan Intelektual (X1) Dan Kecerdasan Emosional (X2) Dengan Prestasi Belajar (Y) Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Jawa Maraja Bahjambi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...