Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Kecerdasan Intelektual Dan Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Jawa Maraja Bahjambi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelatif dan metode kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Jawa Maraja Bahjambi yang berjumlah 79 siswa, dengan sampel jenuh atau sensus yaitu sebanyak 79 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Kuesioner penelitian diuji menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan uji daya beda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji linieritas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan secara parsial dan simultan antara Kecerdasan Intelektual (X1) Dan Kecerdasan Emosional (X2) Dengan Prestasi Belajar (Y) Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Jawa Maraja Bahjambi.
Copyrights © 2022