Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Analisis Kesulitan Belajar IPA Siswa Kelas V di SD Negeri 2 Tulung Selapan pada Tema 6 Panas dan Perpindahannya

Reti Ardianti (Universitas PGRI Palembang)
Maharani Oktavia (Universitas PGRI Palembang)
Arief Kuswidyanarko (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar IPA siswa kelas V di SD Negeri 2 Tulung Selapan pada tema 6 panas dan perpindahannya. ini Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Informan penelitian yaitu 34 siswa di Sekolah Dasar 2 Tulung Selapan pada tema 6 Panas dan Perpiindahannya. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, kuisioner, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tahapan Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil perhitungan dapat diketahui bahwa faktor internal disebabkan siswa tidak menyiapkan buku IPA sebelum pelajaran dimulai dan siswa tidak berusaha menyelesaikan tugas dari guru dengan baik dan benar, siswa tidak pernah membuat ringkasan materi pelajaran yang telah dijelaskan guru dan siswa tidak bertanya bila mengalami kesulitan saat pelajaran, siswa tidak memperhatikan materi yang diterangkan guru tentang dan siswa kurang senang saat pelajaran. Factor eksternal disebabkan siswa mendengarkan suara guru dengan jelas dan siswa kurang menjaga kesehatan saat berlangsungnya pembelajaran, orang tua saya kurang memperhatikan prestasi belajar dan suasana di rumah tidak mendukung saat belajar sehingga sulit untuk berkonsentrasi, guru tidak menggunkan media sehingga membuat siswa bosan untuk belajar, kegiatan menonton televisi yang berlebihan sehingga siswa tidak berkonsentrasi dalam belajar dan teman bergaul mengajak bermain daripada belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...