Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Disiplin Siswa terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas V SD Negeri 173265 Onan Hasang

Johannes Simorangkir (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Muktar B. Panjaitan (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Hetdy Sitio (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh disiplin siswa terhadap prestasi belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas V SD Negeri 173265 Onan Hasang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan sampel jenuh, dimana jumlah populasi sebanyak 21 siswa di kelas V SD Negeri 173265 Onan Hasang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan jenis tertutup dan test yang disusun secara terstruktur serta diikuti dengan kolom pertanyaan dan jawaban yang terdiri dari empat pilihan jawaban. Adapun analisis yang digunakan terhadap data dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji tingkat kesukaran, uji daya pembeda, uji regresi liniear sederhana, uji koefisien determinan, uji F dan uji (t). Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dalam penelitian ini, maka hasil penelitian atau temuan dalam penelitian ini adalah disiplin siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar PKn yang diketahui melalui uji F dengan jumlah fhitung 6,415. Selanjutnya hasil penelitian yang ditemukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan disiplin siswa terhadap prestasi belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas V SD Negeri 173265 Onan Hasang yang diperoleh melalui uji (t) dengan nilai thitung 2,533. Adapun jumlah pengaruh yang diberikan variabel bebas disiplin siswa terhadap variabel terikat prestasi belajar PKn siswa adalah 0,252.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...