EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 5 (2022): October Pages 6401-7346

Pengaruh Peran Orang Tua terhadap Hasil Belajar PJOK

Andika Yudhistira (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Henri Neldi (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Padli Padli (Universitas Negeri Padang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2023

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa PJOK di MTs N 2 Sungai Penuh pada aspek kognitif, psikomotor dan afektif masih menjadi kendala dalam pembelajaran PJOK di MTs N 2 Sungai Penuh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap pengaruh Peran Orang Tua terhadap Hasil Belajar PJOK. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan analisis jalur (Path Analysis). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MTs N 2 Sungai Penuh yang berjumlah 194 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 66 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dengan mengukur hemoglobin siswa, status gizi siswa, dan pengisian angket peran orang tua oleh orang tua siswa yang menjadi sampel penelitian. Mengukur hasil belajar PJOK adalah dengan nilai ulangan mingguan yang digunakan pada saat penelitian (semester 2 tahun ajaran 2021/2022). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua berpengaruh langsung terhadap hasil belajar PJOK sebesar 16,24%..

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...