Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi
Vol 23, No 2 (2022): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi

Alternatif Strategi Pemasaran Susu Almond Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Pada UMKM Ralalii

Ayunda Pratika (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta)
Budiarto Budiarto (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta)
Nanik Dara Senjawati (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis alternatif strategi pemasaran yang sesuai untuk diterapkan pada kegiatan pemasaran di UMKM Ralalii. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif. Metode pengambilan respondennya menggunakan metode purposive sampling. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan Focus Group Discussion (FGD), observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk merumuskan formulasi strategi yaitu analisis deskriptif, analisis matriks Internal Faktor Evaluation (IFE), matriks External Faktor Evaluation (EFE), matriks Internal-External (IE) dan Analytic Hierarchy Process (AHP). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh alternatif strategi yang disarankan untuk UMKM Ralalii yaitu strategi pengembangan produk.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jdse

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Manajemen Agribisnis Manajemen Keuangan Manajemen Usahatani Manajemen Risiko Manajemen Pemasaran Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Strategik Agribisnis Manajemen Produksi Pertanian Bisnis Internasional Ekonomi Internasional Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan Ekonomi Produksi Pertanian ...