Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

The Implementation Of Flipped Classroom’s Components In Vocabulary Learning At Junior High School In Indonesia

Anjung Maya Putri (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Putri Kamalia Hakim (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Wahyudin Fitriyana (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini menjelaskan bagaimana komponen kelas terbalik diimplementasikan dalam pembelajaran kosa kata. Selain itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang pemanfaatan flipped classroom sebagai pendekatan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 bagi siswa kelas VIII SMP di Karawang. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap komponen flipped classroom sangat berpengaruh dalam kegiatan pembelajaran. Meskipun guru membuat persiapan yang baik selama kegiatan pra-kelas, siswa mempengaruhi kegiatan kelas terbalik selama kegiatan di kelas. Selain itu, kemampuan siswa yang diuji dalam kegiatan pasca kelas juga dipengaruhi oleh penerimaan materi pada saat kegiatan pra kelas dan di dalam kelas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...