Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Implementasi Konstruktivisme dalam Praktik Layanan Bimbingan dan Konseling

Lilis Lilis (Master of Guidance Counselling, State University of Jakarta)
Awaluddin Tjalla (Universitas Negeri Jakarta)
Yuevelyn Devina R (Universitas Negeri Jakarta)
Ardiani Febriana (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2022

Abstract

Teori konstruktivisme menyatakan bahwa manusia adalah pembuat makna dalam hidupnya dan membangun realitasnya sendiri. Dalam berbagai pendekatan konseling yang berada di bawah payung filsafat konstruktivisme, konseli dipandang sebagai partisipan aktif yang menciptakan dan menentukan jalan hidupnya sendiri. Bimbingan konseling dalam prespektif konstruktivisme tidak berfokus pada hal yang salah dengan konseli, tetapi memperhatikan kekuatan seesorang, seperti potensi, tujuan, harapan, dan impian konseli. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan tujuan memberikan gambaran mengenai bagaimana implementasi teori konstruktivisme dalam praktik bimbingan konseling di MTs Al-Hakim Caringin Kabupaten Sukabumi. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan kajian dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa implementasi pendekatan kontruktivisme dalam layanan bimbingan konseling di MTs Al-Hakim Caringin Kabupaten Sukabumi dilaksanakan dengan mempraktikkan beberapa pendekatan konseling konstruktivisme yaitu Solution Focused Brief Therapy, Emotional Focused Therapy dan therapy Naratif. Pendekatan-pendekatan tersebut dilaksanakan guru Bimbingan Konseling dengan berfokus pada Kekuatan atau potensi yang dimiliki oleh konseli dan berfokus pada masa depan dan optimis terhadap kemampuan konseli dalam membuat perubahan yang positif dan lebih baik ke depannya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...