Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

An Analysis of Secondary School Students’ Perception of Using Instagram in Learning English Vocabulary

Pandhu Ariya Kovida (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Evi Karlina Ambarwati (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Totoh Tauhidin Abas (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2022

Abstract

Kosakata adalah salah satu komponen penting dalam belajar bahasa Inggris. Penelitian studi kasus deskriptif ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa dalam belajar kosakata bahasa Inggris menggunakan Quizlet. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di salah satu ruang kelas di salah satu sekolah menengah di Karawang untuk berpartisipasi dalam penelitian ini. Lima siswa yang memiliki sikap terbaik dan aktif dalam observasi berpartisipasi dalam wawancara. Untuk membantu siswa memiliki perbendaharaan kata yang banyak, diperlukan suatu media pembelajaran agar siswa tertarik untuk mempelajari kosakata bahasa Inggris. Maka penelitian ini menggunakan Instagram sebagai media pembelajaran untuk menjangkau lebih banyak kosakata. Temuan mengungkapkan bahwa siswa memiliki minat yang besar dalam belajar kosakata bahasa Inggris menggunakan Instagram. Instagram berpotensi menjadi media pembelajaran kosakata bahasa Inggris. Fitur-fitur di Instagram membuat siswa antusias karena mereka dapat menemukan kosakata bahasa Inggris baru dengan mudah. Para siswa merasa terbantu dan senang menggunakan aplikasi ini untuk belajar kosakata bahasa Inggris. Masalah yang dialami beberapa siswa hanya terkait dengan jaringan yang buruk saat menggunakan Instagram di sekolah. Penelitian ini diharapkan dapat membantu guru, siswa, dan sekolah dalam menerapkan media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam mempelajari kosakata bahasa Inggris.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...