Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) Mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran powtoon, (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran powtoon. Subjek penelitian untuk peserta didik pada kelas V SD Negeri kepatihan dengan materi IPA dengan materi perubahan wujud benda.Desain penelitian menggunakan Research and Developmen (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Development, Dissemination). Desain yang digunakan uji coba utama, uji coba lapangan dan uji coba operasional. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan lembar validasi, lembar angket respon peserta didik. Subjek penelitian peserta didik kelas V SD Negeri kepatihan. Penelitian ini menghasilkan: (1) Media pembelajaran IPA berbasis powtoon dan karakter. (2) Dasar layak digunakan berdasarkan aspek kevalidan dan kelayakan.Pada aspek kevalidan dilakukan dengan validasi dosen mendapatkan rata-rata 90,1% dengan kategori sangat valid. Aspek kelayakan dihasilkan dari respon peserta didik pada saat uji coba awal mendapatkan rata-rata 82,6%, saat uji coba lapangan utama mendapatkan persentase 86,8% dan pada saat uji coba operasional mendapatkan rata-rata persentase 89,5% Dilihat dari persentase respon peserta didik pada media pembelajaran IPA berbasis powtoon terintegrasi nilai pendidikan karakter mendapatkan kriteria sangat praktis. Berdasarkan kajian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran IPA berbasia powtoon terintegrasi nilai pendidikan karakter untuk kelas V SD layak digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah dasar. Pada media pembelajaran IPA berbasis powtoon terintegrasi nilai pendidikan karakter dapat dijadikan sebagai altenatif media pembelajaran di SD Negeri Kepatihan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022