Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 1 di Kelas III SD Negeri 096768 Tambun Marisi Kec. Dolog Masagal Kab. Simalungun

Romauli Sinaga (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia)
Lisbet N Sihombing (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia)
Eva Pasaribu (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada tema 2 menyayangi tumbuhan dan hewan subtema 1 manfaat tumbuhan bagi kehidupan manusia kelas III SD Negeri 096768 Tambun Marisi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Penelitian ini di lakukan di SD Negeri 096768 Tambun Marisi tahun ajaran 2022/2023. Sampel yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu kelas III menggunakan soal pretest dan posttest. Instrument atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah di uji validitas dan reabilitasnya dan dari hasil perhitungan tes hasil belajar adalah semua soal valid. Teknik analisis data yang di gunakan adalah uji normalitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang di ajarkan dengan model pembelajatan kooperatif tipe talking stick lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang di ajarkan dengan metode pembelajaran konvensional yaitu ceramah dan tanya jawab. Hal ini di lihat dari hasil penelitian yang menunjukkan perbedaan yang signifikan antara peningkatan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen (pembelajaran talking stick) dengan peserta didik kelas kontrol (pembelajaran konvensional). Pada kelas eksperimen (IIIA) di peroleh peningkatan hasil belajar sebesar 29 dengan nilai rata-rata pretest = 56,25 dan nilai rata-rata posttest = 85,25. Sedangkan pada kelas kontrol (IIIB) di peroleh peningkatan hasil belajar sebesar 27,25 dengan nilai rata-rata pretest = 60 dan nilai postest = 77,25. Artinya rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran talking stick lebih baik di bandingkan dengan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...