Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengembangan Poster Jalang Menjalang Sebagai Media Pembelajaran Nilai Karakter Berbasis Budaya Di Desa Ngaso Ujungbatu Kabupaten Rokan Hulu

Aysah Puspa Ramadhan (Universitas Riau)
Zariul Antosa (Universitas Riau)
Eddy Noviana (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2022

Abstract

Penguatan nilai karakter tidak hanya terdapat dalam pendidikan sekolah saja tetapi bisa didapatkan dari mana saja, bisa didapatkan dalam kehidupan sehari-hari, lingkungan masyarakat dan bahkan budaya. Karena nilai-nilai positif juga terdapat dalam budaya masyarakat Indonesia itu sendiri. Sebagaimana dikatakan Wibowo (2013:14), bahwa “Nilai-nilai luhur pendidikan karakter dapat ditemukan dalam budaya Indonesia. Hal tersebut dikarenakan bangsa Indonesia masih memegang dan menjunjung tinggi adat dan budayanya. Nilai-nilai luhur berasal dari adat dan budaya lokal hendaknya lebih diutamakan untuk diinternalisasikan kepada peserta didik melalui pendidikan karakter.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Mengetahui rancangan poster jalang menjalang sebagai media pembelajaran nilai karakter di Desa Ngaso Ujungbatu Kabupaten Rokan Hulu Dan Mendeskripsikan pengembangan poster jalang menjalang sebagai media pembelajaran nilai karakter di Desa Ngaso Ujungbatu Kabupaten Rokan Hulu. Penelitian ini menggunakan Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan dengan istilah Reseach and Development (R&D), Dalam pengumpulan data, Model pengembangan yang digunakan mengacu pada model 4-D, menurut Thiagarajan (Mulyatiningsih, 2011) yang terdiri dari 4 tahap yaitu, pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate).Hasil penelitian menunjukkan hasil dari penerapan kebijakan ini telah dikembangkan poster jalang menjalang sebagai media pembelajaran nilai karakter dibuat dengan menggunakan aplikasi canva dan sangat layak dan sangat baik digunakan guru dan siswa kelas tinggi. Dengan hasil validasi rerata 3,4 dengan kategori sangat layak, hasil respon guru dengan persentase sebesar 84,27% dengan kategori sangat layak dan hasil respon siswa 3, 38 dengan kategori sangat baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...