Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Media Puzzle terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III Subtema 3 di UPTD SD Negeri 122371 Pematang Siantar

Epiphanias Citra Fensi Marpaung (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Lisbet Novianti Sihombing (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Eva Pasaribu (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media Puzzle terhadap prestasi belajar siswa Kelas III UPTD SD Negeri 122371 Kota Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Kuasi Eksperimen dengan memberikan pree test dan post tes kepada siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas III A dan III B di UPTD SD Negeri 122371 yang berjumlah 36 siswa. Dimana Kelas III A sebagai kelas Eksperimen yang menggunakan media Puzzle dan kelas III B sebagai kelas kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran. Adapun pengolahan data diperoleh melalui program aplikasi SPSS statistic21.0 dan aplikasi Microsoft Excel. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh hasil uji t dimana t hitung < t tabel yaitu 1,7 > 1,009 dengan perhitungan taraf signifikan (2- tailed) = 0,0005 <0,05. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima, jadi terdapat pengaruh media Puzzle terhadap hasil belajar siswa..

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...