Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS

Rahmawati Syahfitri (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Tri Indah Kusumawati (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Riris Nurkholidah Rambe (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan metode konvensional, 2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), 3) pengaruh penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 107403 Cinta Rakyat Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan bentuk quasi experimental (eksperimen semu). Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan berganda. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Paired Sample T-test. Hasil dalam penelitian menunjukkkan bahwa (1) hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang diterapkan dengan metode konvensional diperoleh nilai rata-rata pada pre test sebesar 43,57 dan post test sebesar 77,38. (2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang diterapkan dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) diperoleh nilai rata-rata pada pre test sebesar 45,68 dan post test sebesar 84,54. (3) terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 107403 Cinta Rakyat Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Paired Sample T-test dengan nilai Sig. 0,000 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak karena 0,000<0,05.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...