Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Pada Pembelajaran Subtema Bermain di Lingkungan Sekolah di SD Swasta GKPS 1 Rambung Merah

Erika Juliana Saragih (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Minar T. Lumbantobing (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Canni Loren Sianturi (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media gambar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas II pada pembelajaran subtema bermain di lingkungan sekolah di SD Swasta GKPS 1 Rambung Merah. Ada 2 hipotesis pada penelitian ini yaitu, (1) ada pengaruh media gambar terhadap hasil belajar siswa kelas II pada pembelajaran subtema bermain di lingkungan sekolah di SD Swasta GKPS 1 Rambung Merah (Ha) dan (2) tidak ada pengaruh media gambar terhadap hasil belajar siswa kelas II pada pembelajaran subtema bermain di lingkungan sekolah di SD Swasta GKPS 1 Rambung Merah (Ho). Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan jenis penelitian pre-experimental design dengan desain penelitian one grup pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD Swasta GKPS 1 Rambung Merah yang berjumlah 30 orang. Karena jumlah populasi kurang dari 50 maka populasi dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tes dan observasi. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa hasil thitung sebesar 9,844 dengan taraf signifikansi 0,05. Maka dapat disimpulkan ada pengaruh media gambar terhadap hasil belajar siswa kelas II pada pembelajaran subtema bermain di lingkungan sekolah di SD Swasta GKPS 1 Rambung Merah. Ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...