Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik pengajaran herringbone terhadap kemampuan siswa kelas X SMK Kesehatan Tridarma Pematangsiantar dalam pemahaman membaca teks naratif. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah metode Quasi-Experimental. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dan diperoleh melalui tes dan observasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Kesehatan Tridarma Pematangsiantar. Sampel penelitian ini adalah X-Keperawatan sebagai kelompok eksperimen dan X-Farmasi sebagai kelompok kontrol. Jumlah sampel sebanyak 40 siswa yang dipilih dengan teknik random sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes. Pengujian dilakukan dengan pre-test dan post-test pada kelas eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peneliti menemukan bahwa penggunaan teknik pengajaran Herringbone berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa. Hal ini terlihat dari beberapa fakta, yaitu: 1) Rerata post-test kelompok eksperimen setelah perlakuan adalah 86,75, sedangkan kelompok kontrol adalah.72, 2) Standar deviasi post-test kelompok eksperimen setelah perlakuan adalah 6,34 , sedangkan kelompok kontrol adalah 8,34, 3) Uji-t setelah perlakuan adalah 6,30 dan T-tabel pada signifikansi 0,05 adalah 1,9. Jadi hipotesis dapat dibangun dengan (6,30>1,9), artinya nilai t-test 6,30 lebih tinggi dari t-tabel 1,9. Oleh karena itu Ha diterima dan H0 ditolak. Penelitian ini menunjukkan bahwa teknik pengajaran Herringbone dapat memiliki pengaruh yang baik pada pemahaman bacaan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022