Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Teknik Desensitisasi Sistematik terhadap Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Ujian Dimasa Pendemi Covid-19 Di SMPN 1 Sungai Pua

Gita Febriani (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi)
Dodi Pasila Putra (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi)
Afrinaldi Afrinaldi (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi)
Fadhilla Yusri (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada SMPN 1 Sungai Pua yang menunjukkan bahwasanya didapati siswa mengalami kecemasan saat menghadapi ujian. Siswa merasa tidak tenang dan tidak rileks saat detik-detik akan menghadapi ujian dikarenakan siswa banyak yang tidak belajar di rumah, saat waktu akan dilaksanakannya ujian mereka sibuk membaca catatan dan membahas soal-soal yang di berikan guru sebelumnya. Ketika siswa melakukan ujian di dalam kelas terdapat siswa yang sangat gelisah, cemas, terlihat ragu dalam menjawab soal ujian, tidak berkonsentrasi saat ujian. Untuk mereduksi kecemasan kecemasan siswa menghadapi ujian semester tersebut guru BK berupaya mengatasinya melalui beberapa jenis teknik konseling salah satunya dengan teknik desensitisasi sistematik. Peneliti mencoba melakukan teknik desensitisasi sistematik dalam layanan konseling individual. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah penggunaan teknik desensitisasi sistematik untuk mengurangi kecemasan siswa dalam menghadapi ujian semester dimasa pandemi covid-19 di SMPN 1 Sungai Pua. Penelitian ini tergolong pre eksperimen model One Group Pretest Postest Design. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 98 orang, sedangkan teknik yang dipakai dalam pengambilan sampel adalah teknik Non Random Sampling yaitu Purposif Sampling dimana pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu, sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 8 orang. Instrument pengumpulan data adalah skala likert. Data tentang kecemasan menghadapi ujian semester dikumpulkan melalui skala, kemudian dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon Rank Test dengan bantuan SPSS 23. Hasil penelitian yang telah diketahui dari hasil nilai uji Z (Wilcoxon) menunjukkan perbedaan antara nilai pretest dan postest. Dari hasil perhitungan uji Wilcoxon diperoleh nilai Z sebesar -2,524. Berdasarkan ketentuan yang berlaku diketahui hasil uji Wilcoxon sig p-value sebesar 0,012 <?(? = 0,05) yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil perhitungan uji Wilcoxon dapat disimpulkan bahwa terdapat penurunan kecemasan siswa menghadapi ujian semester dimasa pandemi covid-19 untuk pretest dan postest melalui teknik desensitisasi sistematik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...