Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran tematik tema 2 subtema 2 di kelas V SD N 091435 Manik Saribu. Peneliti memilih model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) karena siswa diberikan kesempatan untuk membentuk kemampuan berpikir secara kreatif di dalam proses pembelajaran. Pada penelitian ini , peneliti menggunakan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Hasil yang diperoleh dari uji-t diperoleh nilai yaitu 69,39. Dengan frekuensi (db) sebesar 23 – 2 = 21, pada taraf signifikan 5% diperoleh yaitu 1,721. Maka diperoleh thitung > ttabel atau 69,39 > 1,721 maka Ha diterima dan H0 ditolak, yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima yakni terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran tematik tema 2 subtema 2 di kelas V SD N 091435 Manik Saribu..
Copyrights © 2022