Pembelajaran di sekolah dasar masih cenderung berfokus pada guru, penggunaan media pembelajaran juga masih jarang ditemukan. Terlebih, penggunaan media pop-up book. Maka pada penelitian ini berfokus pada media pop-up book untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, hal ini terlihat dari nilai siswa dibawah standar kriteria ketuntasan minimal (KKM). Selain itu dalam pembelajaran masih berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pop-up book terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen designs dengan menggunakan the one group pretest-posttest design. Jumlah populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IV berjumlah 20 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes untuk menjawab rumusan penelitian. Pada penelitian ini analisis data dilakukan dengan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media pop-up book terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t pada hipotesis penelitian.
Copyrights © 2022