Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Hots Terhadap Hasil Belajar Kognitif Fisika Siswa SMA negeri 5 Pematang Siantar

Ruth Angelya Hutapea (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Apriani Sijabat (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Erni Kusrini Sitinjak (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbasis HOTS terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa SMA Negeri 5 Pematang Siantar dan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis HOTS terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa SMA Negeri 5 Pematang Siantar. Metode penelitian yang digunakan Quasi Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X PMIA SMA Negeri 5 Pematang Siantar dengan teknik Purposive Sampling, diperoleh kelas X PMIA-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X PMIA- 1sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan tes hasil belajar kognitif fisika siswa bentuk soal essay berbasis HOTS sebanyak 10 soal dan lembar keterlaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning. Berdasarkan analisis data menggunakan uji-t diperoleh nilai t(hitung )>ttabel yaitu 4,245 > 1,99547 disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak maka terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis HOTS Terhadap Hasil Belajar Kognitif Fisika Siswa SMA Negeri 5 Pematang Siantar dan lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning dilakukan dengan tiga kali pertemuan dimana diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,13 termasuk kategori baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...