Rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut adakah pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar Matematika pada siswa kelas V SD Methodist 3 Palembang?. Tujuan penelitian maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar Matematika pada siswa kelas V SD Methodist 3 Palembang. Penelitian in merupakan penelitian eksperimen yang berbentuk eksperimen semu (Pre- Experimental), desain penelitian yang digunakan adalah “Desain pretest-posttest One Group desing. Dengan kelompok yang di tentukan”. Populasi penelitian seluruh siswa kelas V SD Methodist 3 Palembang. Sampel penelitian adalah seluruh populasi kelas V SD Methodist 3 Palembang. Dengan jumlah siswa 29 siswa kelas V SD Methodist 3 Palembang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar yang berupa pretest dan posttest. Bahwa pada bagian”Equal variances assumed” diketahui nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 atau dapat juga dilihat dari nilai thitung = 6.733 > 1.67303 maka disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar pada kelas V. Dan juga dilihat dari nilai “Mean difference” adalah sebesar 26.315.
Copyrights © 2022