Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD Methodist 3 Palembang

Etty Arwati Etty Arwati (Universitas PGRI Palembang)
Tanzimah Tanzimah (Universitas PGRI Palembang)
Noviati Noviati (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2022

Abstract

Rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut adakah pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar Matematika pada siswa kelas V SD Methodist 3 Palembang?. Tujuan penelitian maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar Matematika pada siswa kelas V SD Methodist 3 Palembang. Penelitian in merupakan penelitian eksperimen yang berbentuk eksperimen semu (Pre- Experimental), desain penelitian yang digunakan adalah “Desain pretest-posttest One Group desing. Dengan kelompok yang di tentukan”. Populasi penelitian seluruh siswa kelas V SD Methodist 3 Palembang. Sampel penelitian adalah seluruh populasi kelas V SD Methodist 3 Palembang. Dengan jumlah siswa 29 siswa kelas V SD Methodist 3 Palembang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar yang berupa pretest dan posttest. Bahwa pada bagian”Equal variances assumed” diketahui nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 atau dapat juga dilihat dari nilai thitung = 6.733 > 1.67303 maka disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar pada kelas V. Dan juga dilihat dari nilai “Mean difference” adalah sebesar 26.315.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...