Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Media Film Pendek terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Paraginan

Melva Dolok Saribu (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Marlina Agkris Tambunan (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Monalisa Frince Sianturi (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui hasil keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 1 Paranginan sebelum menggunakan media film pendek. (2) Mengetahui hasil Keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 1 paranginan sesudah menggunakan media film pendek. (3) Mengetahui hasil pengaruh media film pendek terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri.1 Paranginan. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design. Bentuk pre-experimental design yang digunakan yaitu one gropup pretest-posttest. Hasil dari penelitian ini melimputi: (1) Keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 1 Paranginan sebelum menggunakan media film memperoleh nilai rata-rata 54,83 dengan KKM ( Kriteria Ketutansan Minimal) 72. Banyak siswa yang belum mencapai nilai KKM. Dari hasil tes menulis cerpen sebelum menggunakan film pendek, siswa kesuitan dalam menemukan gagasan atau ide dalam menulis cerpen. Siswa kurang kreatif dalam mengembangkan tema, alur,karakterisasi, latar dalam menulis cerpen. (2) Keterampilan menulis cerpen sesudah menggunakan media film diperoleh nilai rata-rata 75. Siswa lebih terampil menggunakan kata-kata, tema dengan isi saling berhubungan dan jalan ceritanya dapat dipahami. Keterampilan menulis cerpen mengalami peningkatan setelah menggunakan media film pendek. Pemerolehan hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Paranginan dapat berhasil. (3) Penggunaan media film pendek sangat berpengaruh dalam keterampilan menulis cerpen. Dengan digunakannya media film, siswa dapat lebih terampil dalam menulis cerpen. Keterampilan menulis cerpen sebelum menggunakan media film pendek masih tergolong rendah, siswa tidak mampu mencapai nilai KKM . dengan adanya media film sebagai media pembelajaran, sangat mempengaruhi keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 1 Paranginan. Dari hasil analisis data yang telah dilakukan,siswa yang mencapai nilai KKM yaitu 21 dari 30 siswa atau sampel yang diteliti. Dengan menyaksikan, menonton, dan menikmati film pendek dapat merangsang atau menstimulus siswa untuk menulis cerpen.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...