Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh Kelas V SD Negeri 097319 Siopat Suhu

Friska Agustina Gulo (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Rio Parsaoran Napitupulu (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Yanti Arasi Sidabutar (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 097319 Siopat Suhu. Model pembelajaran contextual teaching learning (ctl) terhadap hasil belajar siswa pada subtema 2 pentingnya makanan sehat bagi tubuh. “Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran contextual teaching learning (ctl) terhadap hasil belajar siswa pada subtema 2 pentingnya makanan sehat bagi tubuh. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Hasil uji uji hipotesis dengan menggunakan analisis bantuan spss 21. Diketahui hasil thitung 10,162. Nilai ttabel pada tabel statistik dengan signifikansi 0,05 dengan df n-2 atau 25-2-23 adalah sebesar 2.063. Karena thitung (10,162) > (2,063) maka model pembelajaran contextual teaching learning (CTL) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kesimpulannya, terhadap hasil belajar siswa pada subtema 2 pentingnya makanan sehat bagi tubuh kelas V Negeri 097319 Siopat Suhu..

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...