Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 102034 Gempolan Tahun Ajaran 2022/2023

Lasmaida Sitorus (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Natalina Purba (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Muktar Panjaitan (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 102034 Gempolan T. A 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif yang dilaksakanan di SD Negeri 102034 Gempolan , dengan jumlah populasi sebanyak 30 siswadan diperoleh sampel sebanyak 30 siswa . Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Terdapat pengaruh positif Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 102034 Gempolan. Dengan persamaan regresi Y = 67,924 + 0,161X. Hasil yang didapat adalah thitung=2,545 dan ttabel =2,048 atau thitung > ttabel dengan koefisien determinasi sebesar 18,8 %.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...