VISI : Jurnal Ilmiah Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal
Vol 17 No 2 (2022): VISI : Jurnal Ilmiah Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal

AKTUALISASI KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK ANAK USIA DINI DI ERA PANDEMI COVID-19

Hamid Samiaji, Mukhamad (Unknown)
Umi Khomsiyatun (Unknown)
Hidayat, Imam (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian mengkaji aktualisasi kecerdasan verbal linguistik anak usia dini di era pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-deskriptif. Peneliti mengkaji secara langsung di tempat penelitian untuk mengambil data penelitian. Metode pengambilan data yang dikakukan peneliti secara kualitatif, yaitu dengan melakukan observasi di KB Wadas Kelir Purwokerto, wawancara terhadap 9 guru dan 10 orang tua, serta melakukan dokumentasi dengan mengumpulkan data berupa RPPH, RPPM, Kurikulum, dan lembar penilaian. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan mendeskripsikan kegiatan pembelajaran kreatif berbasis literasi dalam aktulisasi kecerdasan verbal linguistik peserta didik. Hasil penelitian ini adalah aktualisasi kecerdasan verbal linguistik melalui pembelajaran kreatif berbasis literasi pada masa pandemic covid-19 di KB Wadas Kelir terbagi menjadi tiga model; a) aktualisasi bahasa melalui pembelajaran literasi membaca, b) aktualisasi bahasa melalui pembelajaran literasi berpikir, dan c) aktualisasi bahasa melalui pembelajaran literasi menulis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jiv

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal VISI is published on Juni and December every year which published by Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Jakarta. This journal focuses on Early Childhood Education and Society Education. This journal warmly welcomes to articles contributions from scholars of related ...